Saturday 1 December 2012

MACAM-MACAM MANFAAT SULAP


Sebagian orang masih memandang sulap sebelah mata. Namun jika kita bedah lebih dalam begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari belajar sulap. Apa sajakah itu?
Berikut ini saya akan coba jelaskan manfaat dari belajar sulap:
  1. Bagi sebagian orang yang memang memiliki kreativitas yang tinggi, maka sulap dapat dijadikan sebagai hiburan dalam mengisi waktu luang.
  2.   Mampu menghibur diri sendiri dan orang lain. Begitu kita tahu mengenai trik yang terkandung dalam permainan sulap, maka kita bisa langsung mempraktekannya. Tidak hanya itu, ketika tampil dengan sulap hal ini juga bisa menghibur orang lain. Orang lain bisa langsung tertawa melihat “keajaiban” yang terjadi.
3 .    Mampu mempererat dan mencairkan suasana. Sulap memang permainan yang sangat menarik dan mengesankan, tentu saja ketika tampil dengan sulap maka suasana yang awalnya mulai menegang bisa langsung cair seketika. Hal ini bisa dilakukan sebagai sebuah sarana untuk mengakrabkan diri.
4.      Cocok untuk setiap keadaan. Yah , sulap memang terlihat fleksibel, dalam acara apapun sulap bisa dimainkan tidak terpaku oleh suasana dan keadaan. Sulap bisa dimainkan saat arisan, pertemuan keluarga, reuni dan lain sebagainya.
5.      Cocok digunakan oleh siapa pun. Trik-trik yang ada dalam sulap bisa dimainkan oleh siapa saja, tidak terpaku pada umur dan jenis kelamin, termasuk saya, sebagai seorang wanita saya juga bisa bermain sulap, hehehe…
            
6.     Dapat digunakan sebagai salah satu sarana pendidikan. Dahulu kehadiran sulap hanya dipandang sebelah mata, tetapi kini bisa digunakan untuk pendidikan. Sebagian guru dapat memanfaatkan sulap sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan siswa,dapat memotivasi untuk rajin belajar, mengatasi siswa yang bermasalah. Tidak hanya itu, kehadiran sulap dapat menarik minat siswa dalam perjalanan tertentu. Sulap mangadopsi hokum fisika, reaksi kimia, perhitungan matematika, hingga ilmu psikologi. Sehingga cocok untuk menarik perhatian siswa.
               7.   Mendorong daya kreatif. Seseorang yang belajar sulap dituntut untuk bisa menampilkan yang terbaik, oleh sebab itu kita harus mampu menjawab tantangan tersebut. Nah, sehingga daya kreatif itu muncul seiring dengan kita belajar. Ia pun harus mampu menghidupkan suasana, harus mampu menggerakan semua daya yang ada pada diri. Nah dengan sulap kita bisa mewujudkannya, mengapa? Karena mau tidak mau kita terus terdorong untuk menghadirkan kreativitas tersebut. Tidak hanya itu, sulap pun permainan yang mengandalkan teknologi dan kreativitas. Oleh sebab itu, sangat cocok sekali jika sulap dijadikan sebagai salah satu sarana untuk mendorong kreativitas seseorang.
8.     Mengajak bersikap kritis. Seorang ahli menyatakan anak-anak akan terdorong meningkatkan daya kreativitas dan sikap kritis jika sulap menjadi bahan pengajaran untuk mereka.
9.      Memupuk rasa percaya diri. Anak-anak yang sering beraktraksi sulap akan memiliki rasa percaya diri dan kemampuan presentasi yang baik.
10.  Melatih kemampuan presentasi di depan umum. Orang yang biasa bermain sulap kemampuan berbicaranya sudah terlatih dengan baik. Maka biasanya ia pun akan mudah untuk presentasi di depan umum.
11.  Melatih bertindak cepat dan teliti.
12.  Meningkatkan keterampilan motorik. Sulap dapat melatih gerak motorik seseorang, seperti kita ketahui bahwa sulap itu sendiri mengandung banyak unsur gerak. Seorang pesulap tentu dituntut untuk dapat bergerak luwes, mampu memainkan gerakan yang atraktif. Sehingga nantinya seseorang yang belajar sulap akan terbisa dengan gerakan yang menjadikan dirinya lebih terlihat dinamis.
13.  Bisa mendatangkan financial . namun hal yang perlu ditekankan disini apabila kita menggeluti dunia sulap sebagai lading untuk mencari uang, maka lebih baik jangan jadikan uang sebagai tujuan utama. Mengapa? Karena apabila itu dijadikan hal utama maka proses belajar dan mengasah diri akan terasa berat untuk dilalui.

Jadi ,itulah manfaat yang bisa kita dapatkan dengan seni sulap dan hanya orang-orang kreatiflah yang mau menerima sulap dalam kehidupannya.
KEEP DOING MAGIC!!

6 comments:

  1. http://jaysankey.blogspot.com/2014/09/international-magician-society-57-dvd.html

    ReplyDelete
  2. Pengen deh sharing permainan sulap sama puspita,

    Aku jg praktisi sulap baru,

    puspita org mna?

    klw bersedia invite pin ku silahkan 28cf60fe atau WA 085224679244

    Makasih yah...

    ReplyDelete
  3. boleh2, kapan2 kita bisa sharing permainan sulap.
    aku orang padang.

    ReplyDelete
  4. thats true, cause i got it all benefit. btw boleh minta ignya ka mau sharing" tentang sulap jg hehe. nama ig ku @Oscar.manuell

    ReplyDelete