Wednesday, 3 October 2012

STATEGI PEMASARAN


STATEGI PEMASARAN

  A.    Pengertian pemasaran
Menurut  Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkanuntuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu prosessosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apayang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usahayang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan danmendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembelimaupun pembeli potensial.
Pemasaran adalah kegiatan analisis perencanaan pelaksanaan dan pengendalian program-program-program yang telah dirancang secara cermat yang di buat untuk menciptakan tukar menukar sesuatu secara sukarela untuk mencapai sasaran sesuai dengan tujuan organisasi.[1]
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran sertatujuan perusahaan.
Kalau kita tarik kesimpulan tentang definisi Pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan hargaagar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan  pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.
B.     Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. dimana “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya[2]. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.[3]
Strategi pemasaran adalah memilih dan menganalisa pasar sasaran yang merupakan suatu kelompok orang yang ingin dicapai oleh perusahaan dan menciptakan suatu upaya pemasaran yang cocok dan yang dapat memuaskan pasar sasaran tersebut.
Strategi pemasaran merupakan jawaban dari analisis pasar dan persaingan pasar yang sudah dipetakan sebelumnya.

Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
a.       Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
b.      Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya

C.    Merancang Strategi Pemasaran
a.      Pengenalan Pemasaran (Segmentasi)
artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Dengan kata lain segmentasi yaitu upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik dan sifat sebuah pasar.
Tahap awal sebelum memasuki analisis pasar adalah kita harus melakukan segmentasi dan target pasar.Beberapa dasar segmentasi pasar :
1.      Segmentasi geografi
Ø  Wilayah
Ø  Ukuran kota
Ø  Iklim
Ø  Topografis, dll
2.      Segmentasi demografi
Ø  Usia
Ø  Ukuran keluarga
Ø  Siklus hidup keluarga
Ø  Jenis kelamin
Ø  Penghasilan
Ø  Pekerjaan
Ø  Pendidikan
Ø  Agama
Ø  Ras
Ø  Generasi
Ø  Kewarganegaraan
Ø  Kelas sosial
3.      Segmentasi psikografi
·         Gaya hidup
·         Kepribadian
4.      Segmentasi perilaku
·         Status pemakai
·         Tingkat pemakaian
·         Status kesetiaan
·         Tahap kesiapan pembeli
·         Sikap terhadap produk
b.      Market Targeting (Pasar Sasaran)
Setelah segmentasi pasar selesai dilakukan, maka terdapat beberapa segmen yang layak untuk digarap. Secara umum pengertian penetapan pasar adalah menilai keaktifan dari setiap segmen, kemudian memilih salah satu dari segmen pasar tersebut yang layak untuk di layani.
                  Kegiatan menetapkan pasar ini dapat dilakukan dengan:



1.      Evaluasi segmen pasar
a)      Ukuran dan pertumbuhan segmen seperti penjualan terakhir, proyeksi laju pertumbuhan, dan laba dari setiap segmen.
b)      Tataran segmen yang menarik dari segi profitabilitas (keuntungan)
c)      Sasaran dan sumber daya perusahaan.
2.      Memilih segmen yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tinggi bagi perusahaan.
a)      Pemasaran serba sama artinya melayani setiap pasar dan tawaran tanpa adanya perbedaan.
b)      Pemasaran serba aneka artinya merancang tawar untuk semua pendapatan, tujuan atau kepribadian.
c)      Pemasaran terpadu, khusus  untuk sumber daya manusia yang terpadu.

c.       Market positioning (posisi pasar)
Artinya menentukan posisi atau letak pasar yang kompetitif untuk produk atau jasa atau produk harus berhasil mendapat pengakuan dari pasar.
Ada 2 hal yang dilakukan untuk keberhasilan upaya meraih posisi pasar yaitu:
1.      Memanfaatkan komunikasi dari mulut ke mulut.
Komunikasi dari mulut kemulut atau di kenal dengan gosip merupakan bentuk komunikasi yang paling efektif. Tidak jarang gosip yang berisi pesan negatif menghancurkan karir seseorang. Demikian pula halnya dengan produk perpustakaan , jika tidak hati-hati gosip negatif juga akan membuat suatu bentuk pelayanan informasi gagal secara total dalam pemasaran. Oleh karena itu agar effektivitas bermanfaat bagi perpustakaan ia harus di usahakan berisi pesan-pesan yang baik.



2.      Membina infrastruktur pasar.
Infrastruktur pasar meliputi semua pihak atau orang yang berada di perpustakaan dan para pemakainya yang memiliki pengaruh terhadap proses penggunaan perpustakaan.
Contohnya, jika diperpustakaan perguruan tinggi kiranya dapat ditunjuk rektor atau pejabat lain serta para dosen terkemuka sebagai komponen infrastruktur.

 Adapun Strategi dalam menentukan posisi pasar terdiri dari:
1.      Atas dasar atribut (harga murah atau mahal),
2.      Kesempatan penggunaan ( sebagai minimum energy atau turunan pasar),
3.      Menurut kelas pengguna (anak-anak atau dewasa),
4.      Langsung menghadapi pesaing (kami paling unggul),
5.      Kelas produk.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
1.      Product (produk)
a.       Klasifikasi produk (product classifications)
·         Produk/jasa istimewa (special goods)
·         Produk belanjaan (shopping goods)
·         Produk/jasa kebutuhan sehari-hari (daily goods)
·         Produk spontan (impulse)
b.      Atribut product
·         Merek (Branding)
·         Kemasan (Packaging Decisions)
·         Pelabelan (Labelling Decisions)
·         Pelayanan produk (Product-Support Services Decisions




2.      Strategi price (harga)
·         Apa strategi penentuan harga dan mengapa dipilih?
·          Perbedaannya dengan strategi harga kompetitor?
·         Adakah bukti bahwa harga tersebut akan diterima oleh    target pasar/pelanggan?
a.       Penetapan harga untuk produk baru
a)      Penetapan harga dengan tujuan menyaring pasar (Market-Skimming Pricing)
b)      Strategi harga dengan tujuan menembus pasar (Market-Penetration Pricing)
b.      Strategi harga baurab produk (Product-Mix Pricing Strategies)
a)      Strategi harga untuk produk pelengkap
b)      Harga produk sampingan
c)      Harga paket produk
c.       Strategi penyesuaian harga (price adjustment strategies)
a)      Harga diskon dan bonus
b)      Harga segmentasi
c)      Harga psikologis
d)     Harga promosi
e)      Harga berdasarkan nilai produk
f)       Harga bedasarkan lokasi
g)      Harga Internasional

3.      Strategis tempat  (place),
strategi tempat ini artinya bagaimana cara kita menjangkau atau menyampaikan barang yang kita jual ke konsumen, atau dalam kata lain strategi tempat = distribusi.




Strategi tempat (place)
a.       Penjualan langsung (Direct selling)
Adalah penjualan langsung ke konsumen tanpa bantuan pihak ketiga jadi dapat di katakan itu transaksi langsung antara konsumen dan produsen.
b.      Penjualan tidak langsung (Indirect selling)
Penjualan/distribusi dilakukan dengan memanfaatkan pihak ketiga yang berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan produk.jadi diantara transaksi itu ada  produsen dan konsumen.

4.      Produk yang bermutu (product)
Promosi merupakan cara kita sebagai produsen berkomunikasi dengan konsumen. Fungsi utama dari promosi ini adalah menciptakan pengetahuan konsumen dan menarik perhatian konsumen untuk selalu mengkonsumsi produk kita.

Strategi promosi:
Beberapa bentuk media promosi yang biasa digunakan antara lain[4]:
1.      Publikasi
Merupakan perangsangan non-personal agar ada permintaan terhadap produk atau jasa melalui berita mengenai hal-hal dimedia penebitan atau melalui penyajian yang menarik diradio, televisi, atau panggung.
2.      Iklan
Merupakan media promosi dalam bentuk penyajian mengenai ide, produk atau jasa dengan cara membayar. Iklan dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk. Dapat melalui media cetak atau media elektronik seperti surat kabar, majalah, radio dan televisi.
3.      Kontak perorangan
Promosi secara kontak perorangan dilakukan melalui pertemuan langsung antara wakil organisasi dengan pasar target. Promosi dengan konta perorangan ternyata merupakan sarana yang lebih ampuh dari pada sarana atau promosi lainnya seperti iklan dan publikasi.

4.      Promosi penjualan (sales promotion)
a)      Untuk menaikkan angka penjualan dalam jangka waktu pendek.
b)      Menurunkan harga ataupun dengan memberikan hadiah-hadiah.







DAFTAR PUSTAKA

Kasmir dan Jakfar. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : kencana
Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Badollahi mustafa.1996. promosi jasa perpustakaan. Jakarta: universitas terbuka
Scribd.  strategi-pemasaran (di akses pada   http://ml.scribd.com/doc/16921528/strategi-pemasaran  14 September 2012)





[1] Badollahi mustafa, promosi jasa perpustakaan, hal 3
[2] swastha
[3] W. Y. Stanton
[4] Badollahi mustafa, promosi jasa perpustakaan, hal 29-30.

No comments:

Post a Comment